Search This Blog

Thursday, July 21, 2005

FWD : Penggosip

Seorang wanita menceritakan gossip mengenai tetangganya dan dalam beberapa hari saja, seluruh lingkungan mengetahui ceritanya. Tetangganya itu tentu saja sakit hati.

Kemudian hari, wanita yang menyebarluaskan gossip tersebut menyadari bahwa ternyata gossip itu tidak benar. Dia menyesal, lalu datang kepada orang yang bijaksana untuk mencari tahu apa yang harus dilakukannya untuk memperbaiki kesalahannya itu.

"Pergilah ke pasar" kata orang bijak itu, "beli seekor ayam, lalu bunuh, kemudian dalam perjalanan pulang, cabuti bulunya dan buang satu persatu disepanjang jalan pulang."

Meski kaget mendengar saran itu, si wanita tetap melakukan apa yang disuruh kepadanya.

Keesokan harinya wanita tsb melaporkan apa yang sudah dilakukannya. Orang bijak itu berkata lagi, "Sekarang pergilah dan kumpulkan kembali semua bulu ayam yang kau buang kemarin dan bawa kepadaku." Wanita itu pun menyusuri jalan yang sama, tetapi angin telah melemparkan bulu-bulu itu ke segala arah.Setelah mencari selama beberapa jam, ia kembali hanya dengan tiga potong bulu.

"Lihat kan?" kata orang bijak itu, "sangat mudah melemparkannya, namun tidak mungkin mengumpulkannya kembali, begitu pula dengan gossip. Tidak sulit menyebarluaskan gossip, namun sekali gossip terlempar, 7 ekor kudapun tidak dapat menariknya kembali."

******************

Memang penting untuk menjaga apa yang masuk ke dalam mulut, namun yang lebih penting lagi adalah menjaga apa yang ke luar dari mulut......