Search This Blog

Tuesday, August 15, 2006

10 Kualitas Pribadi yang Disukai

  1. Ketulusan
Ketulusan membuat orang lain merasa aman dan dihargai karena yakin tidak akan dibodohi atau dibohongi. Orang yg tulus selalu mengatakan kebenaran, tidak suka mengada2, pura2, mencari2 alasan atau memutarbalikan fakta. Prinsipnya “Ya di atas Ya dan Tidak di atas Tidak”. Tentu akan lebih ideal bila ketulusan yg selembut merpati itu diimbangi dengan kecerdikan seekor ular. Dengan begitu, ketulusan tidak menjadi keluguan yg bisa merugikan diri sendiri.
  1. Kerendahan Hati
Kerendahan hati justru mengungkapkan kekuatan. Hanya orang yg kuat jiwanya yg bisa bersikap rendah hati. Ia seperti padi yg semakin berisi semakin menunduk. Orang yg rendah hati bisa mengakui dan menghargai keunggulan orang lain. Ia bisa membuat orang yg di atasnya merasa oke dan membuat orang yg dibawahnya tidak merasa minder.
  1. Kesetiaan
Kesetiaan sudah menjadi barang langka dan sangat tinggi harganya. Orang yg setia selalu bisa dipercaya dan diandalkan. Dia selalu menepati janjinya, mempunyai komitmen yg kuat, rela berkorban dan tidak suka berkhianat.
  1. Bersikap Positif
Orang yg bersikap positif selalu berusaha melihat segala sesuatu dari kacamata positif, bahkan dalam situasi yg buruk/negative sekalipun. Dia lebih suka membicarakan kebaikan daripada keburukan orang lain, lebih suka bicara mengenai harapan daripada keputusasaan, lebih suka mencari solusi daripada frustasi, lebih suka memuji daipada mengecam,dsb.
  1. Ceria
Karena tidak semua orang dikaruniai temperamen ceria, maka keceriaan tidak harus diartikan ekspresi wajah dan tubuh, tapi sikap hati. Orang yg ceria adalah orang yg bisa menikmati hidup, tidak suka mengeluh dan selalu berusaha meraih kegembiraan. Dia bisa menertawakan situasi, orang lain, juga dirinya sendiri. Dia punya potensi untuk menghibur dan mendorong semangat orang lain.
  1. Bertanggung jawab
Orang yg bertanggung jawab akan melaksanakan kewajibannya dengan sungguh2. Kalau melakukan kesalahan, dia berani mengakuinya. Ketika mengalami kegagalan, dia tidak akan mencari kambing hitam untuk disalahkan. Bahkan kalau dia merasa kecewa dan sakit hati, dia tidak akan menyalahkan siapapun. Dia menyadari bahwa dirinya sendirilah yg bertanggung jawab atas apapun yg dialami dan dirasakannya.
  1. Percaya Diri
Rasa percaya diri memungkinkan seseorang menerima dirinya sebagaimana adanya, menghargai dirinya dan menghargai orang lain. Orang yg percaya diri mudah menyesuaikan diri dengan lingkungan dan situasi yg baru. Dia tahu apa yg harus dilakukannya dan melakukannya dgn baik.
  1. Kebesaran Jiwa
Kebesaran jiwa dapat dilihat dari kemampuan seseorang memaafkan orang lain. Orang yg berjiwa besar tidak membiarkan dirinya dikuasai oleh rasa benci dan permusuhan. Ketika menghadapi masa2 sukar dia tetap tegar, tidak membiarkan dirinya hanyut dalam kesedihan dan keputusasaan.
  1. Easy Going
Orang yg “Easy Going” menganggap hidup ini ringan. Dia tidak suka membesar2kan masalah kecil. Bahkan berusaha mengecilkan masalah2 besar. Dia tidak suka mengungkit masa lalu dan tidak mau khawatir dgn masa depan. Dia tidak mau pusing dan stress dgn masalah2 yg berada diluar kontrolnya.
  1. Memiliki Empati
Empati adalah sifat yg sangat mengagumkan. Orang yg berempati bukan saja pendengar yg baik, tapi jg bisa menempatkan diri pada posisi orang lain. Ketika terjadi konflik dia selalu mencari jalan keluar terbaik bagi kedua belah pihak, tidak suka memaksakan pendapat dan kehendaknya sendiri. Dia selalu berusaha memahami dan mengerti orang lain.